Menu

Mode Gelap
 

Meranti · 31 Mei 2022 22:00 WIB

Personil Polsek Rangsang Bersama MPA Lakukan Patroli dan Cek Alat Pemadam Karhutla.


					Personil Polsek Rangsang Bersama MPA Lakukan Patroli dan Cek Alat Pemadam Karhutla. Perbesar

SelatpanjangPos.id (Meranti) –Bhabinkamtibmas Desa Kayu Ara Kecamatan Rangsang, Brigadir Khairi, bersama masyarakat peduli api (MPA) setempat, pada Selasa (31/5/2022) pagi, melakukan kegiatan patroli dan pengecekan peralatan siaga pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Adapun lokasi yang menjadi sasaran patroli oleh tim kali ini, yakni seputaran Dusun Harapan dan Dusun Pelita, Desa Kayu Ara.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH mengatakan, patroli dan pengecekan alat siaga pemadaman Karhutla ini rutin dilakukan, terlebih oleh Bhabinkamtibmas di masing-masing tempat.

“Patroli dan pengecekan alat siaga pemadam karhutla ini secara rutin kita lakukan. Ini sebagai upaya dan langkah dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Sebut Iptu AGD Simamora, bahwa dalam patroli Karhutla bersama MPA tersebut, tim tidak menemukan adanya hotspot atau titi api. Namun demikian, personil dan MPA tetap memberikan himbauan kepada masyarakat tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar atau memerun.

“Sembari patroli, personil kita bersama MPA tetap memberikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada Karhutla dan tidak melakukan aktivitas membuka lahan dengan cara membakar. Mengingat, karena saat ini sedang musim panas,” sebutnya

Pihaknya juga berharap kerjasama dari masyarakat apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Polsek  Rangsang, TNI maupun instansi terkait.

“Bila warga menemukan adanya titik api atau kebakaran, segera lapor kepada kami ataupun pihak terkait lainnya. Kemudian, masyarakat setempat juga kita minta untuk melakukan pemadaman secara bersama-sama,” imbau Iptu AGD Simamora.

Untuk diketahui, peralatan pemadam Karhutla yang disiagakan di wilayah itu berupa mesin pompa air sebanyak 3 unit, selang atau pipa air berjumlah 30 roll/gulung, 5 unit tong racun, 3 unit Nozel 3 dan selang atau pipa air jenis tarik sebanyak 3 gulung besar.

(Batubara).

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Panwascam Rangsang Beri Imbauan Masa Tenang Soal APK Peserta Pemilu

7 Februari 2024 - 22:52 WIB

BRGM dan KLHK Serentak Tanam Pohon di 13 Provinsi Pasca Hari lahan Basah Sedunia

7 Februari 2024 - 21:35 WIB

Dinas PUPR Meranti Bersih Sampah Dengan cara unik

4 Februari 2024 - 14:33 WIB

Sudah 10 Ribu Warga Kepulauan Meranti Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, Dua Ahli Waris Dapat JKM

1 Februari 2024 - 21:55 WIB

Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit di Dinas Perkim-LH Meranti Tahun 2022 Bakal ada Tersangka

31 Januari 2024 - 01:01 WIB

Bupati Bengkalis Hadiri Pemakaman Wartawati Susi Yanti, JMSI Riau Kehilangan Kader Terbaik

28 Januari 2024 - 15:45 WIB

Trending di Bengkalis