Menu

Mode Gelap
 

Meranti · 1 Jun 2022 20:18 WIB

Polsek Rangsang Patroli Karhutla. Kapolsek Simamora : Buka Lahan Jangan Dibakar.


					Polsek Rangsang Patroli Karhutla. Kapolsek Simamora : Buka Lahan Jangan Dibakar. Perbesar

SelatpanjangPos.id (Meranti) –Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH, bersama sejumlah personil, Rabu (1/6/2022) pagi, melakukan pengecekan peralatan siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di pos siaga PT Sumatera Riang Lestari (SRL).

Selain pengecekan peralatan, Kapolsek yang didampingi Kanit Reskrim Bripka Herikwel, Kanit Binmas Bripka Beni Surya, Bhabinkamtibmas Desa Gayung Kiri Briptu Anggi Irawan, bersama masyarakat peduli api (MPA) setempat, serta pihak perusahaan tersebut juga melakukan patroli karhutla diseputaran Desa Sungai Gayung Kiri.

Adapun peralatan siaga karhutla yang dilakukan pengecekan di Pos Siaga PT SRL tersebut berupa 1 unit mesin ministrike, 22 roll selang air, 8 unit nozle, dan dua unit gutawea.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu Simamora mengatakan, kegiatan pengecekan peralatan pemadaman dan patroli ini secara rutin dilakukan terhadap daerah-daerah yang rawan terjadi karhutla.

“Giat ini kita rutin kita lalukan sebagai langkah antisipasi terjadinya karhutla, terutama di daerah-daerah rawan. Dalam hal ini kita tetap menggandeng MPA serta perusahaan,” ungkapnya usai giat.

Pihaknya menghimbau sekaligus melarang masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, hal itu kerap memicu terjadinya karhutla secara meluas.

“Bila membuka lahan, jangan dengan cara dibakar, karena itu berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran yang lebih besar,” imbaunya.

Lebih lanjut, Kapolsek Rangsang itu kembali berpesan kepada masyarakat apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat atau Polsek Rangsang, TNI, maupun instansi terkait.

“Jika menemukan adanya muncul titik api di lahan kosong, maka segera lapor ke kami atau pihak terkait lainnya. Sehingga dengan begitu dapat dilakukan tindakan pemadaman secara bersama-sama,” pesannya.

Untuk diketahui, selama melaksanakan kegiatan patroli Karhutla bersama PT SRL dan MPA di seputaran Desa Sungai Gayung Kiri, rombongan Kapolsek tidak ditemukan adanya hotspot atau titik api.

(Batubara).

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Panwascam Rangsang Beri Imbauan Masa Tenang Soal APK Peserta Pemilu

7 Februari 2024 - 22:52 WIB

BRGM dan KLHK Serentak Tanam Pohon di 13 Provinsi Pasca Hari lahan Basah Sedunia

7 Februari 2024 - 21:35 WIB

Dinas PUPR Meranti Bersih Sampah Dengan cara unik

4 Februari 2024 - 14:33 WIB

Sudah 10 Ribu Warga Kepulauan Meranti Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, Dua Ahli Waris Dapat JKM

1 Februari 2024 - 21:55 WIB

Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit di Dinas Perkim-LH Meranti Tahun 2022 Bakal ada Tersangka

31 Januari 2024 - 01:01 WIB

Bupati Bengkalis Hadiri Pemakaman Wartawati Susi Yanti, JMSI Riau Kehilangan Kader Terbaik

28 Januari 2024 - 15:45 WIB

Trending di Bengkalis