Menu

Mode Gelap
 

Meranti · 1 Jun 2022 20:18 WIB

Polsek Rangsang Patroli Karhutla. Kapolsek Simamora : Buka Lahan Jangan Dibakar.


					Polsek Rangsang Patroli Karhutla. Kapolsek Simamora : Buka Lahan Jangan Dibakar. Perbesar

SelatpanjangPos.id (Meranti) –Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH, bersama sejumlah personil, Rabu (1/6/2022) pagi, melakukan pengecekan peralatan siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di pos siaga PT Sumatera Riang Lestari (SRL).

Selain pengecekan peralatan, Kapolsek yang didampingi Kanit Reskrim Bripka Herikwel, Kanit Binmas Bripka Beni Surya, Bhabinkamtibmas Desa Gayung Kiri Briptu Anggi Irawan, bersama masyarakat peduli api (MPA) setempat, serta pihak perusahaan tersebut juga melakukan patroli karhutla diseputaran Desa Sungai Gayung Kiri.

Adapun peralatan siaga karhutla yang dilakukan pengecekan di Pos Siaga PT SRL tersebut berupa 1 unit mesin ministrike, 22 roll selang air, 8 unit nozle, dan dua unit gutawea.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu Simamora mengatakan, kegiatan pengecekan peralatan pemadaman dan patroli ini secara rutin dilakukan terhadap daerah-daerah yang rawan terjadi karhutla.

“Giat ini kita rutin kita lalukan sebagai langkah antisipasi terjadinya karhutla, terutama di daerah-daerah rawan. Dalam hal ini kita tetap menggandeng MPA serta perusahaan,” ungkapnya usai giat.

Pihaknya menghimbau sekaligus melarang masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, hal itu kerap memicu terjadinya karhutla secara meluas.

“Bila membuka lahan, jangan dengan cara dibakar, karena itu berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran yang lebih besar,” imbaunya.

Lebih lanjut, Kapolsek Rangsang itu kembali berpesan kepada masyarakat apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat atau Polsek Rangsang, TNI, maupun instansi terkait.

“Jika menemukan adanya muncul titik api di lahan kosong, maka segera lapor ke kami atau pihak terkait lainnya. Sehingga dengan begitu dapat dilakukan tindakan pemadaman secara bersama-sama,” pesannya.

Untuk diketahui, selama melaksanakan kegiatan patroli Karhutla bersama PT SRL dan MPA di seputaran Desa Sungai Gayung Kiri, rombongan Kapolsek tidak ditemukan adanya hotspot atau titik api.

(Batubara).

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Hadiri Rakernas dijakarta: PW PRIMA DMI Riau bawa misi Remaja Kembali ke Masjid

6 Juli 2024 - 14:31 WIB

Brimob Pam PSU tiba di Meranti, ini pesan Kapolres

28 Juni 2024 - 12:52 WIB

Lika-Liku Sanggar Bestari di Kepulauan Meranti Hingga Gratiskan Biaya Latihan untuk Anak Yatim

24 Juni 2024 - 15:38 WIB

Olahraga Berhadiah, Polres Meranti Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-78

22 Juni 2024 - 15:41 WIB

NPHD Sebesar 29 M, Pengadaan Barang dan Jasa Pelaksanaan Pilkada KPU Meranti : ada kemungkinan bisa diluar Provinsi

22 Juni 2024 - 15:37 WIB

Kapolres Meranti Singgung Soal Judi Online : Agar Silahturahmi kita Tidak terputus Pinjam Dulu Seratus

22 Juni 2024 - 11:24 WIB

Trending di Meranti